Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yakni 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan dengan jumlah 25 siswa. Tempat SD Negeri 2 Merauke alamat Jl. Trikora Nomor 21, Maro, Merauke, Papua Selatan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes evaluasi. Hasil aktivitas guru siklus I pertemuan I 43%, kedua 64% dan siklus II pertemuan kesatu 77% dan meningkat sebesar 82% sangat aktif. Aktivitas siswa di siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 50.56 cukup aktif, pertemuan kedua 60.00 dan siklus II pertemuan I nilai rata-rata 76.00 dan meningkat 93.92 kategori sangat aktif. Sedangkan hasil belajar yang tuntas 9 siswa atau 36% pada siklus I kategori cukup dan siklus II 24 siswa tuntas dengan persentase 96% kategori sangat baik dan dibawah KKM 1 siswa dengan persentase 4%. Dengan demikian, penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Merauke
Copyrights © 2022