Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)


Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 3 Kepulauan Sula

Fitri Amrin (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)
Zulkifli Zam Zam (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)
Fitriana Ibrahim (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)
Elsa Sri Wahyuni (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)
Dira Ayu Annisa (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)
Ilham SW Mauraji (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Khairun, Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa Di SMAN 3 Kepulauan Sula. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian sebanyak 19 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kepulauan Sula menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data statistik inferensial menggunakan SPSS 21.0 hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa Di SMAN 3 Kepulauan Sula dengan hasil uji hipotesis diperoleh ttabelthitung atau 13,7191,734, sedangkan hasil analisis ranah afektif mencapai 73 dan ranah psikomotorik 75.Kata Kunci:  Model kooperatif,tipe numbered heads together, pengaruh hasil belajar, asam basa.Abstract This study aims to determine the Application of the Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class XI on Acid-Base Material at SMAN 3 Sula Islands. The type of research used is a type of experimental research with a one group pretest posttest design. The sample in the study was 19 students of class XI IPA SMA Negeri 3 Sula Islands using a saturated sampling technique. The instruments used in this study were essay questions of 10 items to measure student learning outcomes and observation sheets to measure affective and psychomotor domains. The inferential statistical data analysis technique using SPSS 21.0 showed that there was an influence on the application of the Numbered Heads Together (NHT) Type Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class XI on Acid-Base Material at SMAN 3 Sula Islands with the results of hypothesis testing obtained ttable tcount or 13.719 1.734, while the results of the analysis of the affective domain reached 73 and the psychomotor domain was 75.Keywords: Cooperative models, numbered heads together, the effect of learning outcomes, acid base

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...