cover
Contact Name
Fitriana Ibrahim
Contact Email
fitrianaibrahim@gmail.com
Phone
+6281262845193
Journal Mail Official
jpkunkhair@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Published by Universitas Khairun
ISSN : -     EISSN : 29882427     DOI : https://doi.org/10.33387/jpku.v2i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian di bidang pendidikan kimia dan Ilmu Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) menerbitkan naskah manuskrip pada bidang kajian meliputi: - Kimia organik dan anorganik - Pembelajaran kimia - Kimia analitik - Kimia fisik - Biokimia dan terapan
Articles 100 Documents
Pengaruh Penggunaan Flashcard Sistem Periodik Unsur Terhadap Daya Retensi Peserta Didik SMA Kelas X Elsa Sriwahyuni; Fadlan Muin; Abdul Rasid Saraha; Zulkifli Zam Zam
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Juni
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v2i1.5030

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran yaitu flashcard sistem periodik unsur terhadap daya retensi peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, yang dilakukan di SMA N 1 Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian pangkat eksponensial kelas kontrol (-0,0169x) lebih besar dari pangkat eksponenensial kelas eksperimen (-0,0067x). Ini berarti penurunan daya retensi pada kelas kontrol lebih besar jika dibandingkan dengan kelas eksperimen. Artinya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcard sistem periodik unsur dapat memperkecil penurunan daya retensi peserta didik.Kata kunci: daya retensi, flashcard, sistem periodik unsurAbstract This study aims to analyze the effect of the use of learning media, namely the periodic system of elements flashcard on the retention power of class X SMA students. The research method used is a quasiexperimental method conducted at SMA N 1 Kasihan, Kab. Bantul, Special Region of Yogyakarta. The results of the study showed that the exponential power of the control class (-0.0169x) was greater than that of the experimental class (-0.0067x). This means that the decrease in power retention in the control class is greater when compared to the experimental class. That menas that the use of the periodic system of elements flashcard cannot reduce the students' retention power.Keywords: flashcard, periodic system of elements, retention
Analisis Kadar NO2 dalam Kangkung Air (Ipomoea aquatica Forsk) dan Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) Asal Kelurahan Gambesi Kota Ternate Nur Anisa; Muhammad Amin; Fadlan Muin; Nur Jannah Baturante; Setyani Dian Puspitasar; Anggieta Pahmawati Kusuma; Muto'ah Intan Ariyana
-
Publisher : Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v3i1.6409

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar NO2 dalam kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk) dan Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) asal Kelurahan Gambesi, Kota Ternate. Sampel yang dianalisis adalah bagian batang dan daun dari Kangkung Air dan Kangkung, penetapan kadar NO2 dengan menggunakan pereaksi asam sulfanilat dan N(1-Naftil) etilendiamin dihydrochloride. Kemudian kadar NO2 diukur dengan spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 542 nm. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kadar NO2 tertinggi terdapat pada kangkung darat pada bagian daun yaitu 13,79375 mg/kg sedangkan kadar NO2 terendah terdapat pada Kangkung Air bagian batang yaitu 1,0189 mg/kg.Kata Kunci: NO2, Kangkung air dan kangkung darat, spektrofotometri UV-Vis AbstractThe purpose of this study was to determine NO2 levels in water spinach (Ipomoea aquatica Forsk) and water spinach (Ipomoea reptans Poir) from Gambesi Village, Ternate City. The samples analyzed were the stems and leaves of water spinach and water spinach, determination of NO2 levels using sulfanilic acid and N(1-naphthyl) ethylenediamine dihydrochloride reagents. Then NO2 levels were measured by UV-Vis spectrophotometry at a wavelength of 542 nm. The results of this study showed that the highest NO2 levels were found in ground kale on the leaves, namely 13.79375 mg/kg, while the lowest NO2 levels were found in water spinach stems, namely 1.0189 mg/kg.Keyword:NO2, Ipomoea reptans poir, Ipomoea aquatica forsk, UV-Vis spectrophotometry
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI Fadlan Muin; Muhammad Amin; Nur Asbirayani Limatahu; Nurjana Baturante
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Desember
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v2i2.5625

Abstract

AbstrakPenelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tatanama Senyawa Dan Persamaan Reaksi Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Tidore Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Tidore Kepulauan pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 26 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for windows versi 21.0. hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh thitung ttabel atau 7,642 1,706 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai gain 0,31 (kategori sedang). Kata Kunci :        Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, tata nama senyawa dan persamman reaksi, Statistik InferensialAbstract The research was conducted to determine the effect of the Guided Inquiry Learning Model on Student Learning Outcomes in the Material of Nomenclature of Compounds and Reaction Equations for Class X SMA Muhammadiyah 4 Tidore Islands. This type of research is a pre-experimental study using the One Group Pretest-Posttest Control Design research design. The population in this study were all class X students of Muhammadiyah 4 Tidore Islands High School in the 2021/2022 academic year, totaling 53 students divided into two classes. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 26 people. The test instrument used in this study was in the form of essay questions of 10 items used to measure students' cognitive learning outcomes. Data analysis technique is a data analysis technique is a descriptive statistical analysis technique and inferential statistical analysis using SPSS for windows version 21.0. the results of hypothesis testing in this study obtained tcount ttable or 7.642 1.706 then Ha is accepted and H0 is rejected. The influence of the guided inquiry learning model on student learning outcomes obtained a gain value of 0.31 (moderate category).  Keywords:Learning outcomes, Guided Inquiry, nomenclature of compounds and reaction equations, inferential Statistics
Studi Penambatan Molekul Senyawa Bahan Alam yang Berpotensi sebagai Inhibitor Enzim Lipase Topan Setiawan; Deasy Liestiyanti; Fitriana Ibrahim
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Desember
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v1i2.5051

Abstract

AbstrakPenelitian dengan metode in-silico digunakan untuk mengetahui mekanisme kerja suatu senyawa aktif. Senyawa aktif yang dipelajari adalah senyawa dari suatu herbal dalam rangka penemuan obat baru. Diketahui beberapa bahan alam yang mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat aktifitas enzim lipase. Senyawa aktif yang memiliki potensi inhibitor enzim lipase diantaranya Genistein yang terdapat pada kacang merah, homoorientin, epicatechin gallate, dan cumoric acid yang terdapat pada daun sirsak, Benzyl Benzoat dan Chloromycetin yang terdapat pada cendawan. Kata Kunci :        Molecular Docking, Bahan Alam, Inhibitor, Enzim LipaseAbstract Research with the in-silico method is used to determine the mechanism of action of an active compound. The active compounds studied are compounds from an herb in the context of the discovery of new drugs. It is known that some natural ingredients contain active compounds that can inhibit the activity of the lipase enzyme. Active compounds that have potential lipase inhibitors include Genistein found in kidney beans, homoorientin, epicatechin gallate, and cumoric acid found in soursop leaves, Benzyl Benzoate and Chloromycetin found in fungi..Keywords:Molecular Docking, Natural Ingredients, Inhibitors, Lipase Enzymes 
Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 7 Halmahera Barat Pada Materi Larutan Penyangga Sangrila Ruslan; Sudir Umar; Nur Asbirayani Limatahu; Fadlan Muin
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Juni
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v2i1.4954

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui, penerapan model pembelajaran pemecahan masalah Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian  one group pretest posttest design. Sampel terdiri dari 23 sisa dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 20 nomor yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji parametrik (t paired sample) dengan SPSS 16.0. Uji hipotesis dengan taraf signifikan  2.612 1.721 atau H0 ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan terdapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving).  AbstractStudy this conducted for knowing,  applying the learning problem solving model or increase results study student class XI on theory solution support . Type research used  is experiment with design research one group pretest posttest design . Sample consist of 23 remaining with technique purposive sampling . Instruments in study this in the form of 20 numbered essay questions used  for measure results study students . Technique analysis used  is parametric test (t paired sample ) with SPSS 16.0. Test hypothesis with level significant 2.612 1.721 or H0 rejected and Ha received so that concluded that there is the influence of the learning model solving problem against enhancement results study students.Keywords:Problem Solving Model, Results Learning, Solution Buffer
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan Pada Materi Sistem Periodik Unsur Rasmi A Sangaji; Muhammad Amin; Muliadi -; Deasy Liestianty; Nurfatimah Sugrah
-
Publisher : Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v3i1.6404

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 11 nomor. Data yang diperolleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.1. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-test diperoleh nilai signifikan yaitu , thitung  ttabel atau 10,056  1,729. Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswaKata Kunci: Model pembelaran berbasis masalah, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur Abstract This research was porposed aimedto determine the effect of problem-based learning models on student learning outcomed in the periodic system of elements of class X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan on the material of the periodic system of elements. This type of research is experimental research using the One Group Pretest-Posttest research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 2 South Halmahera for the 2022-2023 academic year, totaling 84 students. The sampling technique used was purposive sampling, with a sample size of 20 students. The instrument used in this study was in the form of 11 number essay questions. The data obtained was then analyzed using SPSS 21.1. Testing the hypothesis of student learning outcomed using the paired T-test obtained a significant value, namely, tcount ttable or 10.056 1.729. So it shows that there was an influence of problem-based learning models on student learning outcomes.Keywords: Learning Outcomes, Problem-Based, Periodic System of ElementsAbstrak Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 11 nomor. Data yang diperolleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.1. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-test diperoleh nilai signifikan yaitu , thitung  ttabel atau 10,056  1,729. Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa Abstract This research was porposed aimedto determine the effect of problem-based learning models on student learning outcomed in the periodic system of elements of class X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan on the material of the periodic system of elements. This type of research is experimental research using the One Group Pretest-Posttest research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 2 South Halmahera for the 2022-2023 academic year, totaling 84 students. The sampling technique used was purposive sampling, with a sample size of 20 students. The instrument used in this study was in the form of 11 number essay questions. The data obtained was then analyzed using SPSS 21.1. Testing the hypothesis of student learning outcomed using the paired T-test obtained a significant value, namely, tcount ttable or 10.056 1.729. So it shows that there was an influence of problem-based learning models on student learning outcomes.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pulau Morotai Pada Materi Ikatan Kimia Meilani Rahantoknam
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Juni
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v1i1.5273

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pulau Morotai Pada Materi Ikatan Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.0. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-Test diperoleh nilai signifikan dalam penelitian ini yaitu thitung ttabe (t hitung = 11,481   tabel = 1,782). Sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learnig) terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci :       Model pembelajaran bebasis masalah, Hasil Belajar, dan Ikatan KimiaAbstract This research was conducted to determine the effect of Problem Based Learning Model on the Learning Outcomes of Class X Students of SMA Negeri 2 Morotai Island on Chemical Bonding Materials. The type of research used is experimental research with aresearch one-group pretest-posttest design. The population in this study were students of class X IPA totaling 24 students with a sampling technique that is saturated sampling. The instrument used in this study was an essay question of 10 numbers. The data obtained were then analyzed using SPSS 21.0. Hypothesis testing of student learning outcomes using the paired T-Test test obtained a significant value in this study, namely tcount  ttable (tcount = 11.481 ttable = 1.782). So that it shows that there is an effect of problem based learning on student learning outcomes. Keywords:Problem-based learning model , Learning Outcomes, and Chemical Bonds
Studi Biokomputasi Aktivitas Senyawa-Senyawa Bahan Alam Topan Setiawan
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Juni
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v1i1.5047

Abstract

Abstrak Senyawa bahan alam sebagai sediaan farmasi telah banyak diteliti. Banyak penelitian isolasi senyawa bahan alam yang telah dipublikasi. Selain isolasi senyawa bahan alam, penelitian uji coba bahan alam yang berpotensi sebagai obat suatu penyakit juga telah banyak dipublikasikan. Studi In-Silico potensi senyawa bahan alampun kini semakin sering digunakan untuk mengetahui potensi senyawa bahan alam tersebut. Melalui metode komputasi ini, peneliti lebih mengetahui interaksi senyawa dengan enzim atau molekul target.Kata Kunci :  In-Silico, Senyawa Bahan Alam, Metode KomputasiAbstract Compounds of natural ingredients as pharmaceutical preparations have been widely studied. Many studies on the isolation of natural compounds have been published. In addition to the isolation of compounds from natural ingredients, trials of natural materials that have the potential to cure a disease have also been published. In-Silico studies of the potential of natural compounds are now increasingly being used to determine the potential of these natural compounds. Through this computational method, researchers know more about the interaction of compounds with enzymes or target moleculesKeywords: In-Silico, Natural Material Compounds, Computational Methods 
Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia Neni Abd Hamid; Nur Asbirayani Limatahu; Muliadi -; Fitriana Ibrahim
-
Publisher : Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v3i1.6410

Abstract

Abstract  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan pada materi hukum-hukum dasar dan persamaan reaksi kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 19 Halmahera Selatan yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 15 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dengan sampel sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes yang terdiri dari 10 soal essay dan angket yang terdiri dari 15 item pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan pada materi hukum-hukum dasar dan persamaan reaksi kimia berada pada kriteria kemampuan sangat rendah dengan nilai 16% berdasarkan analisis skala lima dari 15 siswa yang dijadikan sampel. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa pada faktor internal yaitu aspek motivasi dengan nilai 80%. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu guru dengan nilai 80%.Kata Kunci: Kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi Belajar, Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia,  Analisis Deskriptif Abstract This researched was conducted to determine the student's learning ability and the factors that influence the learning ability of Class X Students of SMA Negeri 19 South Halmahera on the subject of fundamental law of chemistry and chemical reaction equations. This type of research is descriptive research. population in this study is whole Class X Students of SMA Negeri 19 South Halmahera which consist 1 class as much 15 student. The sampling technique in this research use a saturated sample, with a sample as much 15 students. The data collection technique in this research was a test and non-test technique which consis 10 essay questions and a questionnaire which consis 15 question items. The data analysis technique use is descriptive analysis. The results showed that the learning ability of class X students of SMA Negeri 19 South Halmahera on the subject of fundamental law of chemistry and chemical reaction equations was at a very low criteria ability with a value 16% based on scale five analysis of the 15 students who were sampled. Factors that affect students' learning abilities on internal factor namely aspects motivation with a value 80%. While on external factor namely aspects the teacher with a value 80%.Keywords:   Learning Ability, Influencing Factors, Fundamental law of Chemistry Chemical and Reaction Equations , Descriptive Analysis.
PENGARUH MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN FLIP PDF PROFESIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SANANA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA Rahmatia Umamit; Siti Hayatun Nur Abu; Deasy Leastianty
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Edisi Desember
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v2i2.5633

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dengan berbantuan media pembelajaran flip pdf profesional terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor untuk mengukur hasil belajar siswa pada hasil belajar serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media flip pdf profesional. Teknik analisis terhadap nilai pretest dan posttest pada hasil belajar siswa yang digunakan uji one-sample klomogorof smirnof test menggunakan SPSS 16.0. Uji hipotesis dihitung menggunakan analisis (paired sampel t-test) dengan taraf signifikasi 16,148 1,729 atau H0 ditolak Ha diterima. Hasil analisis angket tanggapan siswa diperoleh tingkat persetujuan siswa sebesar 79,9% dengan kategori tertarik.Kata Kunci :model problem posing, flip pdf profesional, Hasil Belajar AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of the problem posing learning model with the help of professional flip pdf learning media on the learning outcomes of class X students. This study was an experimental study with a one group pretest posttest design. The sample of this study amounted to 20 students by using a porposive sampling technique. The instrument used in the study was an essay test with a total of 10 questions to measure student learning outcomes on learning outcomes and a questionnaire to determine student responses to professional flip pdf media. The analysis technique of the pretest and posttest scores on student learning outcomes used the one-sample Klomogorof Smirnof test using SPSS 16.0. Hypothesis testing was calculated using analysis (paired sample t-test) with a significance level of 16.148 1.729 or H0 was rejected. Ha was accepted. The results of the student response questionnaire analysis obtained a student approval level of 79.9% in the interested categoryKeywords: Problem Posing Model, Professional Flip Pdf, Learning Outcomes

Page 1 of 10 | Total Record : 100