LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Penerapan Aplikasi Quaces Berbasis Android Untuk Membantu Absensi Karyawan Pada PT. Quantum Tera Network

Muhammad Dimas Nugroho (Universitas Pamulang)
Nurhasanah (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi yang berkembangan pesat sekarang ini sudah menjangkau ke semua bidang. Dalam proses absensi kehadiran karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk memonitor kedatangan dan kepulangan para karyawan, memungkinkan pencatatan data yang baik dan detail dalam suatu sistem dan mempermudah perhitungan absen karyawan untuk mempermudah penggajian. Permasalahan pada PT. Quantum Tera Network adalah. Di awal pandemi kita sempat mendengar bahwa absen fingerprint menjadi salah satu tempat yang rawan penularan virus Covid-19. Karena itu perlu ada strategi absensi baru yang bisa mencegah kantor menjadi salah satu kluster penularan virus Covid-19. Selain itu, absensi fingerprint rentan dimanipulasi, karena rekapitulasi dilakukan secara konvensional. Untuk itu penelitian dirancang untuk menjelaskan bagaimana aplikasi sistem absensi berbasis android ini memanfaatkan metode GPS (Global Positioning System) dan LBS (Location-based service) dapat mempermudah karyawan untuk melakukan absensi. Data lokasi diambil dari latitude dan longitude yang digunakan untuk memantau posisi karyawannya, sehingga lebih fleksibel saat melakukan absensi dan data yang dihasilkan lebih akurat sehingga mengurangi kemungkinan human error yang merugikan perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...