LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Asep Saefurrohman (Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Oman Farhurrohman (Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Rachma Azzahra (Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Pada penelitian ini masih banyaknya siswa kelas IV Annisa yang mendapatkan nilai IPS dibawah KKM (73). Tujuan dari penellitian ini yaitu untuk menghasilkan pengembangan dengan model media Powton serta dengan menguji kefektifan model pembalajaran Powtoon dalam hasil peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Uji coba ini dulakukan menggunakan model Research and Development (R&) yang meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas persentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hal ini menunjukkan hasil model media  Powtoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil uji validasi media video animasi berbasis Powtoon dapat diketahui bahwa dosen ahli media memberikan skor 40 dari skor maksimal 45 sehingga memperoleh rata-rata persentase 88% dengan kriteria "Sangat Layak", sedangkan dari dosen ahli materi memberikan skor 37 dari skor maksimal 40 sehingga memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kriteria "Sangat Layak". Hal ini menghasilkan  maka media video animasi berbasis Powtoon layak untuk menjadikan media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas IV Annisa SDIT Bina Bangsa, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15,8%. Sebelum uji coba produk, peserta didik memperoleh nilai rata-rata persentase 71,7% dan setelah melakukan uji coba produk, peserta didik memperoleh rata-rata persentase 87,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...