Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 13 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2024)

PENGEMBANGAN MATERI DASAR-DASAR PROGAM KEAHLIAN 1 BERBASIS QUIZIZZ DI SMK NEGERI 1 CERME GRESIK

Amrullah, Aliefian Yonastira (Unknown)
Sumbawati, Meini Sondang (Unknown)
Suprianto, Bambang (Unknown)
Widayaka, Parama Diptya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Ketercapaian dari tujuan belajar merupakan fokus utama dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Namun melalui observasi dan pengamatan langsung pembelajaran yang masih terfokus pada guru sehingga membuat pembelajaran lebih membosankan, selain itu penggunaan media ajar berupa ppt dan buku cetak dirasa kurang efektif dalam membantu siswa pada pemahaman tentang materi yang diajarkan. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada pengembangan media belajar berbasis quizizz pada materi dasar-dasar program keahlian. Selain itu dengan penggunaan model pengembangan ADDIE mengharuskan pengembangan media diperlukan uji coba dalam tahap implementasi untuk mengetahui efektivitas dan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis quizizz yang dikembangkan. Data yang didapat pada riset yang dilakukan berasal dari hasil validasi dari validator ahli dari aspek materi, media, dan bahasa mendapatkan rata-rata nilai sekitar 88,75% yang menunjukkan media sangat valid. Selain itu kepraktisan diperoleh dari hasil instrumen respon siswa yang dibagikan ke peserta didik. untuk hasil respon siswa mendapatkan rata-rata nilai 87,29% dari tiga aspek indikator penilaian meliputi desain media, bahasa yang digunakan, dan manfaat yang diperoleh peserta didik. sedangkan untuk efektivitas dibagi menjadi dua ranah afektif dan kognitif. Untuk ranah afektif berdasarkan uji paramtric menggunakan one sample test menunjukkan nilai kesignifikansian <0,05, yang dimana bahwa nilai hasil belajar siswa pada ranah afektif di atas KKTP. Untuk ranah kognitif ditinjau dari hasil pretest dan post test dimana dilakukan sample paired t-test. Untuk nilai menunjukan nilai signifikansi (sig.) <0,05 yang dimana terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah kognitif siswa antar sbelum dan sebuah penerapan media Quizizz.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...