Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK)
Vol 5, No 2 (2023): Juli 2023

STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS KORAN HARIAN RIAU POS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL

Emalika Fijasya (Universitas Riau)
Ikhma Zurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Media massa konvensional di era digital mulai mengembangkan konvergensi media untuk mempertahankan eksistensi termasuk Koran Harian Riau Pos yang telah mengembangkan website RiauPos.co untuk menyelaraskan diri di era digital. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bisnis Koran Harian Riau Pos mempertahankan eksistensi di era digital setelah melakukan konvergensi media. Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu (1) bagaimana dimensi konvergensi Koran Harian Riau Pos di era digital, (2) bagaimana penerapan konvergensi sebagai strategi Koran Harian Riau Pos dalam mempertahankan eksistensi di era digital, (3) bagaimana peluang dan tantangan Koran Harian Riau Pos di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Koran Harian Riau Pos berhasil mempertahankan eksistensinya di era digital dengan adanya dinamika yang terjadi dan penerapan konvergensi media sebagai strategi media cetak Riau Pos tetap bertahan di era digital. RiauPos.co lahir sebagai bentuk konvergensi dari Koran Harian Riau Pos. Kemudian disusul dengan media sosial dan e-paper sebagai pelengkap multiplatform Koran Harian Riau Pos sehingga pembaca bisa menjangkau informasi lebih mudah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrmdk

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK) adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. JRMDK berfokus pada publikasi hasil sintesa penelitian mahasiswa dalam bidang kajian dakwah dan komunikasi. Artikel ...