Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan penerapan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn, (2) Keaktifan siswa dengan adanya penerapan strategi Student Facilitator and Explaining untuk mata pembelajaran PPKn, serta (3) Hasil dari penggunaan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa dan proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Ambarawa sebagai sumber primer. Sedangkan, sumber sekunder ialah berasal dari berbagai arsip dokumen yang relevan dengan penelitian. Sedangkan, objek penelitian merupakan hasil dari penerapan strategi pengajaran yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran PPKn ketika melaksanakan praktik mengajar di kelas secara langsung. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi serta dokumentasi berupa foto, video, serta arsip-arsip yang relevan. Penerapan strategi Student Facilitator and Explaining guna meningkatkan keaktifan siswa ini dilaksanakan dalam 1 (satu) pekan sesuai jadwal mata pelajaran. Adapun dalam upaya peningkatan keaktifan siswa menggunakan strategi Student Facilitator and Explaining. Diskusi digunakan sebagai salah satu metode pembalajaran supaya siswa yang belum berani mengungkapkan pendapatnya dalam kegiatan berdiskusi secara berkelompok. Selain itu, berupaya untuk dapat melatih kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat sekaligus melatih tingkat kepercayaan diri dan keberanian siswa. Dengan adanya strategi belajar yang digunakan ini, diharapkan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran terkhusus pada mata pelajaran PPKn. Kemudian, meningkatnya keterampilan berbicara yang baik sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah maupun bangsa, dan negara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022