Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Vol 11 No 1 (2022): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MULTIMODAL PADA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII

K.A. Saputra (Unknown)
I.G.P. Sudiarta (Unknown)
I.N. Suparta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimodal pada google classroom untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar. Kemudian secara spesifik bertujuan untuk : 1. mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran; 2. mengetahui validitas, kepraktisan, dan Efektvitas; serta 3. mengetahui bagaimana media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Setelah dilakukan uji pakar, diperoleh media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji coba terbatas, diperoleh media pembelajaran termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan adalah praktis, siswa nampak antusias dan memberikan respon baik terhadap media pembelajaran multimodal, terjadi peningkatan skor kuis, adanya antusias siswa dalam pembelajaran, rata-rata skor kuis yang dibuat pada google form dalam proses belajar siswa pada kedua kelas mengalami peningkatan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...