Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Vol 9 No 1 (2020): April, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII

I.M.W. Arigunawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.N. Sukajaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.P.P. Suryawan (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Dalam penelitian ini sudah dikembangkan media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat bernama “Operasi Matematika - Robot dan Boneka”, yang dirancang untuk pemain tunggal. Tujuan dari pengembangan media adalah mengetahui rancang bangun, implementasi, dan kevalidan dari media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat. Pengembangan menggunakan aplikasi Construct 2 dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate), tetapi dalam penelitian hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop, dan belum dilakukan uji coba terbatas karena keterbatasan keadaan, biaya, tenaga, dan waktu. Pengujian terhadap produk difokuskan hanya pada validitas saja yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Analisis terhadap hasil pengujian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor kevalidan media pembelajaran dari ahli media sebesar 4,17 dan ahli materi sebesar 4,5 dengan kriteria sangat valid. Dengan memenuhi kriteria valid, media pembelajaran berbasis game edukasi layak untuk dilanjutkan ke tahap uji coba terbatas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...