Jurnal Istiqamah
Vol 4 No 1 (2023): JURNAL ISTIQAMAH

POLA PENDIDIKAN RUHANI TAREKAT QODIRIYAH NAQSABANDIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MAHASISWA

Ridwam Ridwanulloh (IAILM)
Nana Yusep (IAILM)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tentang perlunya meningkatkan kualitas spiritual dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui jalur tarekat untuk membersihkan jiwa dari penyakit yang merusak al-Insan dalam hidupnya. Dan di Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya, diajarkan untuk membersihkan penyakit hati yang merusak al-insan. Pola Pendidikan Rohani yang diterapkan untuk membersihkan penyakit hati adalah dengan Dzikir, Khotaman, Manaqib, Riyadhah, Ziarah, dan mandi malam (mandi taubat) biasa disingkat DKM SAZA MAN. Semua ajaran tersebut diterapkan kepada mahasiswa Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Program Studi Tasawuf dalam rangka mendidik mahasiswa menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pola Pendidikan Kerohanian Pondok Pesantren Qodiriyah Naqsabandiyah dalam Pembentukan Akhlak Mahasiswa di Program Studi Tasawuf dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang menitikberatkan pada pengamatan secara mendalam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Hasil Kajian Pola Pendidikan Kerohanian Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya dalam Pembentukan Akhlak Mahasiswa di Prodi Tasawuf dapat membentuk akhlak mahasiswa menjadi baik, rendah hati, amanah, qona’ah, sabar, dan dermawan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

istiqamah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Istiqamah merupakan jurnal ilmiah berkala yang fokus pada kajian Ilmu Tasawuf. Secara umum konten yang dimuat dalam tiap terbitan setahun 2 kali, Januari – Juni dan Juli – Desember, menyajikan artikel-artikel dengan judul yang variatif dan progresif, sesuai dengan isu-isu perkembangan ...