Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Pengaruh Metode Pembelajaran Reading To Learn terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang

Lanen, Sania (Unknown)
Atmazaki, Atmazaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Reading To Learn terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Penelitian jenis kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Sampel yang peneliti ambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI. F3 yang berjumlah 36 orang Teknik analisis data yang digunakan diantaranya yaitu analisis deskripstif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Pada skor pretest menulis cerpen siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 76,62, mengalami peningkatan pada skor posttest dengan rata-rata sebesar 81,71. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Reading To Learn terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...