Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas IX-8 MTsN 3 Padang

Rahmadani, Sherina Pasma (Unknown)
Wikarya, Yusron (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa siswa Kelas IX-8 Mtsn 3 Padang melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang yang berjumlah 27 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode dan alat pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data di uji dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang. Hal ini bisa dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Pada tahapan pra siklus yang tuntas sebanyak 10 siswa (37,03%), pada saat dilakukannya tahap siklus I mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 17 siswa (63%). Pada tahapan siklus II tingkat ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan sebanyak 25 siswa (92,59%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...