Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Picture and Picture Siswa Kelas XI SMAN 4 Tanjungpinang

Nurdiana, Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi setelah menggunakan model picture and picture kelas XI IPS 1. Lokasi penelitian ini di SMAN 4 Tanjungpinang bulan Juli 2017 hingga Oktober 2017. Sampel yang digunakan berjumlah 39 siswa di XI IPS 1, yang diantaranya 23 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Instrumen penelitian berupa media gambar dan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Analisis data kuantitatif pada penelitian ini yaitu mencari mean, modus, median, interval, kemudian disajikan dalam tabel dan grafik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa skor pretest adalah 61,9 untuk kualifikasi kemahiran kurang, sedangkan skor posttest adalah 81,2 untuk kualifikasi kemahiran yang baik. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis yang hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Tanjungpinang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...