Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 2 (2022): July 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Ditinjau Dari Sikap Siswa

Afrah Fatina Nasir (Universitas Halu Oleo)
Busnawir (Universitas Halu Oleo)
Latief Sahidin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran TAI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari. (2) pengaruh sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari. (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMPN 3 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari yang terdiri dari 9 kelas parallel. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini meliputi kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan factorial design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal uraian, angket sikap dan lembar observasi. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran TAI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswakelas VIII SMPN 3 Kendari; (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap kemampuan berpikir berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswadi SMPN 3 Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...