Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 14 No. 1 (2023): January 2023

Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring

Annisa Juliyanti (Universitas Sultan Ageng Tirtaysa)
Ihsanudin (Unknown)
Isna Rafianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan platform yang digunakan untuk membantu dalam proses kegiatan pembelajaran, dilakukan tidak secara langsung atau tidak secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar matematika pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikeusal yang berjumlah 290 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik random sampling serta instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis faktor. Hasil dari uji analisis faktor dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa pada pembelajaran daring ada 3 faktor yang di dalamnya terdapat 9 variabel dengan total variance sebesar 69,539 %. Ketiga faktor tersebut yaitu faktor motivasi dan minat siswa, faktor pengerjaan tugas dan faktor kesulitan mengakses internet. Faktor motivasi dan minat memiliki percentage of variance sebesar 38,781%, sehingga faktor tersebut menjadi faktor kesulitan belajar yang paling dominan dalam pembelajaran matematika daring pada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...