Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan platform yang digunakan untuk membantu dalam proses kegiatan pembelajaran, dilakukan tidak secara langsung atau tidak secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar matematika pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikeusal yang berjumlah 290 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik random sampling serta instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis faktor. Hasil dari uji analisis faktor dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa pada pembelajaran daring ada 3 faktor yang di dalamnya terdapat 9 variabel dengan total variance sebesar 69,539 %. Ketiga faktor tersebut yaitu faktor motivasi dan minat siswa, faktor pengerjaan tugas dan faktor kesulitan mengakses internet. Faktor motivasi dan minat memiliki percentage of variance sebesar 38,781%, sehingga faktor tersebut menjadi faktor kesulitan belajar yang paling dominan dalam pembelajaran matematika daring pada siswa.
Copyrights © 2023