Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media busy book dan mengetahui kelayakan dari produk tersebut pada pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TKK Caritas Maukeli. Analisis data digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa media pembelajaran busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang sudah divalidasi dan diuji coba. Pada validasi ahli materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dengan total skor 93% berada pada kategori sangat valid, pada penilaian oleh ahli media dengan total skor 80% berada pada kategori valid, pada penilaian oleh ahli desain pembelajaran dengan total skor 83% berada pada kategori valid, pada penilaian uji coba perorangan yang melibatkan dua orang anak memperoleh skor 90% dan dikategorikan sangat valid dan pada uji coba kelompok kecil melibatkan 5 orang anak dengan total skor 82,8% dan dikategorikan valid. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B layak digunakan di TKK Caritas Maukeli.
Copyrights © 2022