Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu degnan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian merupakan anak kelompok A semester II TK PGRI Tanggel Winong tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 anak. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun kelas iman di TK PGRI Tanggel Winong. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung = 8,35291 dengan taraf signifikansi sebesar 5% didapat tabel t pada dt 31 diperoleh nilai t tabel =  1,69552. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel  yang berarti signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunakan media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognifi anak dalam mengenal lambang angka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022