Speech delay memengaruhi aspek perkembangan bahasa anak, hingga berdampak pada kemampuan interaksi sosial anak. Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan mengetahui interaksi sosial anak kembar, bagaimana guru menangani interaksi sosial mereka, dan faktor yang melatarbelakangi mereka mengalami speech delay. Subjek pada penelitian ini 2 orang anak speech delay, 2 orang guru kelas kelompok A1, dan orang tua anak. Hasil menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam interaksi sosial anak speech delay meski mereka terlahir kembar. Guru menangani interaksi sosial mereka dengan merespon dan menstimulasi, menggunakan alat permainan sederhana, mengajari mengucap kata kemudian memperbaiki pengucapan tersebut, ketika bermain dipasangkan dengan teman yang sudah pandai berbicara. Faktor penebab speech delay ada enam, yaitu ibu yang bekerja, pola asuh di penitipan, televisi, jenis kelamin, deprivasi lingkungan (lingkungan yang sepi), dan anak yang terlahir kembar.
Copyrights © 2022