Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, fokus penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah Desa Sungai Pule Kecamatan Tembesi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah sudah berjalan dengan baik, dengan cara mengikutkan guru-guru KKG, workshop, pelatihan-pelatihan. Adapun kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah banyaknya tugas-tugas yang menyita waktu, dan juga waktu kegiatan peningkatan kompetensi guru bersamaan dengan kegiatan proses belajar mengajar sehingga guru tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan rutin.
Copyrights © 2022