Pelaksanaan pengawasan akademik yang terjadwal, terprogram secara berkala, dan Dilaksanakan sesuai dengan prinsip dan pendekatan yang tepat, dampaknya sangat luar biasa terhadap peningkatan profesionalisme guru. Guru yang profesional, akan berdampak sangat signifikan terhadap peningkatan prestasi dan keaktifan siswa yang dituntut di era 4.0 bahwa siswa harus mampu berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif, mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu berkolaborasi dalam menjalani kehidupan yang lebih kompetitif. Penelitian ini, membahas Hasil Penelitian Tindakan Sekolah yang menggambarkan profesionalisme guru di SMPN 1 Tanjungraja yang belum optimal, menggambarkan pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan demokratis, dan peningkatan profesionalisme guru dapat ditingkatkan melalui supervisi dengan pendekatan demokratis. Hasil penelitian siklus I dan II dari keenam guru sebagai responden, rata-rata meningkat cukup signifikan dengan hasil peningkatan sebesar 5,9%. Untuk alasan ini, direkomendasikan bahwa Kepala Sekolah melakukan pengawasan pada pendekatan demokratis secara terjadwal dan terprogram.
Copyrights © 2022