Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2023): Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Juz 30 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa

Shinta Meilisa (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi)
Halen Dwistia (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Anak Ratu Aji tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini jenis kuantitatif dengan populasi penelitian siswa SMP Negeri 2 anak ratu aji dengan subjek penelitian 29 siswa pada kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Diketahui siswa dengan hafalan al-qur’an juz 30 dari 29 responden diketahui ada 5 siswa dengan katagori rendah sebesar 17,3 %, 10 siswa dengan katagori sedang sebesar 34,4 %, katagori tinggi sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 48,3%. Untuk data hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII dari 29 responden diketahui 9 siswa dengan katagori rendah sebesar 31 %, 8 siswa dengan katagori sedang sebesar 27,6 %, dan sebanyak 12 siswa masuk dalam katagori tinggi sebesar 41,4%. Hasil penelitian menunjukkan f = 0,4896, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...