Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses hasil belajar matematika siswa pada materi Barisan Aritmatika sebelum dan sesudah di terapkan pembelajaran dengan pendekatan mathematics jungle game; (2) mengetahui penerapan pendekatan mathematics jungle game secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pengukuran panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap yaitu tahap (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Pengumpulan melalui data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan penerapan pembelajaran pendekatan mathematics jungle game secara keseluruhan dapat dilihat dari tingkat kualifikasi yakni diperoleh (98,13%) siswa berkualifikasi memuaskan, dan (2) berkualifikasi gagal. Berdasarkan Uji wilcoxson Signed Ranks Test menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Mathematics Jungle Game (MJG) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate pada materi barisan aritmatika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022