Jurnal Konseling Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Konseling Pendidikan Islam

MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA INKLUSI

Putri, R. Agtiani (Unknown)
Murtadlo, Murtadlo (Unknown)
Wagino, Wagino (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa inklusi di SMAN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik inklusi di SMA Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 10 orang. Pemilihan peserta didik tersebut didasari oleh karakteristik motorik dan keterampilan vokasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pre test 37,00 meningkat dan hasil post test 70,00. Hasil analisis data menunjukkan Zh 2.80 dan Zt 1.96, maka interprestasinya Ha > Ho. Jadi, Ha diterima, artinya terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project based Learning bermedia video tutorial untuk meningkatkan vokasional siswa inklusi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al Khairat Journal of Islamic Education Counseling (JKPI-Al Khairat) is a scientific journal in the field of Guidance and Counseling in Islamic Education and Education in general which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Islamic Guidance and Counseling at the ...