Kondisi fisik ruangan belajar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keadaan mahasiswa ketika berada dalam ruangan saat melakukan aktifitas belajar. Adanya kondisi ruangan-ruangan yang berbeda di fakultas teknik universitas Lancang Kuning salah satunya di ruangan struktur 1 memberikan pengaruh tertentu terhadap aktifitas mahasiswa terutama saat proses belajar mengajar dimana kenyamanan termal, warna dinding dan fasilitas yang ada pada ruang dapat membuat mahasiswa menjalani proses belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap ruangan-ruangan yang ada dengan studi literatur dan referensi yang ada. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat diketahui makna dan dampak dari desain ruang terhadap psikologi pengguna berdasarkan studi kasus pada fasilitas seperti ruang kelas struktur 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan survei dengan membagikan kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa saat berada dalam ruang kelas struktur 1, untuk melihat pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar. Selanjutnya membandingkan hasil survei dengan teori kenyamanan psikologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya beberapa hal yang perlu diperhatikan kembali seperti pencahayaan untuk ruangan tertentu.
Copyrights © 2023