Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI

STRATEGI KOMUNIKASI INEWS TV PADANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIERA DIGITAL

yasha langitta setiawan (Unknown)
Nasir, Januardi (Unknown)
Puryanto, Puryanto (Unknown)
Ariyati, Yumi (Unknown)
Wahyudi, Tommy Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Era digital telah merubahan kebiasaan masyarakat, dahulu masyarakat sangat sulit mendapatkan informasi, kini hanya melalui genggaman tangan/ HP. Dengan peraturan pemerintah beralihnya televisi konvensional menjadi televisi digital Tentunya membuat media massa televisi harus bisa mempertahankan eksistensi di era digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi iNews Tv padang sebagai televisi lokal dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknk penarikan sampel porposive sampling. Informan peneltian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari kru iNews TV Padang. Hasil penelitian ini adalah Inews TV Padang menggunakan youtobe sebagai media komunikasi live streaming dan memanfaatkan facebook, instagram dalam hal mempromosikan isi siaran yang akan ditayangkan pada TV konvensional. Isi konten dari iNews Tv berfokus kepada pemberitaan lokal dan iklan parawisata lokal yang ada disumatera barat. Hambatan yang dihadapi Inews TV padang adalah sumber daya manusia yang sangat terbatas sehingga membuat kendala dalam pembuatan program acara, sumber dana yang kurang maksimal, dan alat jangkauan siaran yang terbatas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...