Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI

CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI IMPLEMENTASI DARI PARTICIPATORY MEDIA CULTURE DI ERA KONVERGENSI MEDIA

Melati Budi Srikandi (Unknown)
Budiharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Produk citizen journalism/ CJ dinilai sebagai implementasi dari participatory media culture. Namun tidak semua CJ memenuhi kaidah jurnalistik, sehingga rawan kelengkapan maupun kesalahan. Terutama disiplin verifikasi, cek ricek serta keseimbangan. Di sisi lain, pada era konvergensi ini, dapat tercipta kolaborasi antara jurnalisme warga dengan media arus utama. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya ketersediaan ruang untuk menampung karya citizen journalism pada slot tayangan berita di media arus utama. Juga dalam tayangan awal ketika media arus utama belum memiliki gambar atas suatu peristiwa yang sering diberi judul “video amatir". Kajian ini ditelaah menggunakan metode literature review. Citizen journalism, konvergensi media, participatory media culture, dan media baru adalah beberapa judul kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2017 sampai 2022. Istilah-istilah ini dipilih berdasarkan relevansi konten jurnal dan relevansi isu penelitian. Hasilnya, CJ dianggap sangat berpengaruh dalam membentuk alur media. CJ dapat menciptakan suatu alur media yang saling berhubungan. Terkait hal tersebut, CJ dapat menggiring opini khalayak kemanapun mereka inginkan baik positif maupun negatif. Membentuk alur media ini dapat dilakukan melalui blogging ataupun podcasting yang saat ini sedang digandrungi generasi muda. Pada poin inilah dapat ditunjukkan adanya implementasi dari budaya partisipatif terhadap media oleh masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...