Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran perpustakaan sekolah sebagai sumber ilmu dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yaitu Catatan Observasi yaitu suatu metode atau teknik penulisan yang digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data yang dilakukan secara sistematis dan mencatat melalui pengamatan dan pencatatan terhadap tanda- tanda atau gejala-gejala yang akan diselidiki. Pedoman Wawancara yaitu proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewancara dengan si penjawab atau informan, Chek List Dokumentasi yaitu mengumpulkan data dari sumber-sumber non-insani (bukan manusia). Teknik Pengolahan Data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Proses analisis data dilakukan secara terus-menerus di dalam proses pengumpulan data selama penelitian berlangsung. Penelitian ini menunjukan bahwa perpustakaan sekolah menjadi faktor utama dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan melakukan berbagai kegiatan seperti bedah buku, review buku, lomba bercerita, dan ikut melibatkan siswa dalam kegiatan literasi. Guru dan pengelola perpustakaan berkolaborasi menjadi penggerak literasi sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022