Jurnal Pendidik Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidik Indonesia

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 014 Rambah Hilir Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Kooperatif STAD

Suparji Suparji (SD Negeri 014 Rambah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu bidang studi kurikuler di Sekolah Dasar. Karena rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran di kelas VI SD Negeri 014 Rambah Hilir, penulis melakukan perbaikan pembelajaran kegiatan penelitian di laksanakan di SD Negeri 014 Rambah Hilir semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Siswa kurang mengusai materi pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, terlihat dari hasil belajar IPA yang masih banyak memperoleh nilai yang rendah. Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas VI SD Negeri 014 Rambah Hilir dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur Penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data (lembar tes dan lembar observasi siswa). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata kelas pada siklus 1 yaitu 50% menjadi 70% pada siklus 2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPI) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan karya penelitian dan artikel ilmiah terkait dengan bidang pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta ...