Experiment: Journal of Science Education


Pengembangan Media Pembelajaran Science Board Game Berbasis Science-Edutainment pada Materi Tekanan Zat

Nur Fiqi Ilmia (Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah)
Ike Lusi Meilina (Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah)
Muhammad Luqman Hakim Abbas (Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran monoton merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan berdampak terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Beragam media pembelajaran yang menarik dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar sehingga dapat mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Artikel ini membahas tentang inovasi media pembelajaran dengan menggunakan pendekatakan science-endutaiment. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, keterbacaan, efektifitas media pembelajaran science board game berbasis science-endutaiment pada materi tekanan zat untuk siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) yang mengacu pada model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, respon siswa, dan soal post test yang diberikan terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli media adalah 4.53 dan skor validasi untuk ahli materi sebesar 4.26 atau masuk dalam kategori baik. Hasil analisis kepraktisan memiliki kategori baik, hasil analisis keterbacaan diperoleh hasil positif dan nilai rata-rata respon siswa adalah 98% sedangkan tingkat ketuntasan siswa diperoleh sebesar 73%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran science baord game berbasis science endutaiment terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Bustanul Muta’alimmin Blitar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

experiment

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Experiment: Journal of Science Education published twice a year since March 2021. This journal is published by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish ...