Jurnal Penelitian Agrihatantiring
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Agri Hatantiring

ANALISIS PEMASARAN BUAH KELAPA DALAM DI KECAMATAN SERUYAN HILIR TIMUR KABUPATEN SERUYAN

Swasti, Parissa (Unknown)
-, Soffiah (Unknown)
Syah, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Pemasaran merupakan aspek penting dalam pengembangan agribisnis terutama usaha kelapa dalam. Proses penyampaian kelapa dalam dari produsen ke konsumen akan semakin lancar jika didukung oleh sistem pemasaran yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran kelapa dalam; untuk menganalisa biaya, keuntungan dan marjin pemasaran pemasaran kelapa dalam; serta untuk menganalisis tingkat efisiensi ekonomis dari masing-masing saluran pemasaran kelapa dalam di Kecamatan Seruyan Hilir Timur Kabupaten Seruyan. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dan pelaksanaan teknisnya dengan teknik survei. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu Kecamatan Seruyan Hilir Timur Kab Seruyan sebagai lokasi penelitian. Metode penentua produsen sampel dilakukan secara Quota sampling, sedangkan penentuan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran kelapa dalam yaitu, saluran pemasaran I : Produsen – Konsumen, saluran II: Produsen – Pedagsang Besar- Pedagang Pengecer –konsumen dan saluran pemasaran III : Produsen – Pedagang pengumpul - Pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. Pada saluran pemasaran I tidak terdapat biaya pemasaran; Total biaya pemasaran pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 469 per buah, sedangkan pada saluran pemasaran III sebesar Rp.441 per buah. Total keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp. O per buah (0%), saluran pemasaran II sebesar Rp. 1.757 per buah (53,47)% dan saluran pemasaran III sebesar Rp. 2.000 per buah (54,14%). Farmer’share pada saluran pemasaran I sebesar 100%, saluran pemasaran II sebesar 46,53% dan saluran pemasaran III sebesar 42,86%. Saluran pemasaran I paling efisien dari segi ekonomis dibandingkan saluran pemasaran II dan III karena mempunyai presentasi marjin pemasaran paling rendah dan farmer’s share tertinggi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PAgri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Penelitian Agri Hatantiring merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pengelolaan Agribisnis Perkebunan dibawah payung UP2M Politeknik Seruyan diterbitkan secara reguler setiap 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan September. Jurnal Penelitian Agri Hatantiring merupakan ruang ...