AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
Vol 24 No 1 (2023): AL QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN

Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Fallarina, Efrydha Fallarina Efrydha (Unknown)
Shiddiq, Ngarifin Shiddiq Ngarifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang bersifat induktif, objektif dan ilmiah dimana informasi yang diperoleh berupa angka atau pernyataan yang dinilai dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Penerapan Pembelajaran PAIKEM; Model Pembelajaran PAIKEM; Pengaruh; Prestasi Belajar. Abstrack: The Application of The PAIKEM Learning Model to Improve Student Achievement. The purpose of this study was to determine the effect of the PAIKEM learning model on student achievement. Quantitative research was used in this study. Quantitative research is a research method that are inductive, objective, and scientific in which the information obtained is in the form of numbers or statements that are assessed and analyzed statistically. The results of this study indicate that there is an effect of applying the PAIKEM model to student achievement. Keywords: The Appliction of PAIKEM Learning; PAIKEM Learning Model; Effect; Student Achievement.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Education Physics

Description

Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains ...