Penelitian Tindakan Kelas ini diawali dengan pengamatan yang dilakukan Peneliti terhadap nilai rata-rata penilaian tengah semester pada mata pelajaran fisika, dan hasil observasi di kelas yang menunjukkan siswa kesulitan untuk memahami konsep fisika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMA Negeri 13 Semarang dengan subjek 35 orang siswa kelas XI MIPA 3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian tindakan (action research) ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Alat optik: 1) hasil persentase siklus I adalah 55% (kategori sedang) dan 2) hasil persentase siklus II adalah 65% (kategori tinggi). Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika bagi siswa kelas XI MIPA 3 dengan baik. Kata kunci:Pendekatan kontekstual, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Fisika
Copyrights © 2023