Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 29 MEDAN

Hizmi Wardani (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematikarealistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dan 2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika(KAM) siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematiksiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengambilan sampelmenggunakan random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen yang digunakan yaitu pre test dan posttest kemampuan pemahaman matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 artinya kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakanpendekatan matematika realistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Sedangkan, hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,857 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik,pembelajaran biasa) terhadap kemampuan pemahaman matematik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...