Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematikarealistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dan 2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika(KAM) siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematiksiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengambilan sampelmenggunakan random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen yang digunakan yaitu pre test dan posttest kemampuan pemahaman matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 artinya kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakanpendekatan matematika realistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Sedangkan, hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,857 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik,pembelajaran biasa) terhadap kemampuan pemahaman matematik.
Copyrights © 2020