Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 (Praja Muda Karana) Kelas III SD Nurhasanah

Alfina Tri Ariani Nasution (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Samsul Bahri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Kara) kelas III SD Nurhasanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru dan siswa kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas. Hasil penemuan penulis menemukan bahwa pemanfaatan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Karana) kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas yaitu sudah terlaksana dengan baik. Guru memanfaatkan sumber belajar yang mampu membentuk karakter disiplin siswa dalam pembelajaran. Seperti pemanfaatan pesan formal yang diberikan oleh kepala sekolah, sikap guru yang sebagai contoh pembiasaan yang menjadi tauladan,buku yang berisi materi merujuk pada karakter disiplin dan pengerjaan LKS dengan tepat waktu, alat peraga, dan juga lingkungan sekolah. Dalam pemanfaatan sumber belajar terdapat beberapa faktor penghambat yaitu faktor internal yang meliputikesadaran diri siswa dan kemampuan siswa. Begitupun dengan faktor eksternal yang meliputi dukungan dari orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...