Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar

Rista Mawati Br Tarigan (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Samsul Bahri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 102004 Tiga Juhar siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam menginpretasi data dalam penelitian diperoleh dariangket dan wawancara. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemandirian belajar siswa berdasarkan semua indikator, terlihat bahwa pada kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar yang termasuk dalam kategori kemandirian belajar rendah sebesar 64%.Dan kemandirian belajar sedang sebesar 36%. Kemandirian belajar tinggi yaitu sebesar 24 %.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi setiap indikator kemandirian belajar, diantaranyakurangnya memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan dan kurangnya inisiatif diri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...