Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Berbasis Masalah Pada Temaekosistem Kelas V SD

Fadhillah Putri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Nurjannah Nurjannah (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima Langkah antara lain: analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, praktisi Pendidikan yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Ekosistem Kelas V SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media pada sub tema 1 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media sub tema 2 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media sub tema 3 sebesar 91,6% dengan kategori “Sangat Layak. Ahli materi pada media sub tema 1 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 2 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 3 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak. Pada praktisi pendidikan pada media sub tema 1 sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 2 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, sub tema 3 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva pada pembelajaran tematik tema ekosistem kelas V SD Negeri 101983 Bangun Rejo “sangat layak” digunakan kepada siswa saat proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...