Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Pecahan Di Kelas IV SD Negeri 101788 Marindal

Dea dame yustika Manullang (Universitas muslim nusantara al washliyah)
Safrida Napitupulu (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi pecahan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas IV. Ada 30 siswa dalam sampel. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan model Nonequivalent Control Group Design dengan desain Quasi Eksperimen. Penyelesaian penelitian ini akan diuji. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen menurut hasil adalah 43,60, sedangkan kelas kontrol 36,93. Terdapat perbedaan nilai rata-rata antara nilai posttest kelas eksperimen sebesar 69,93 dengan nilai posttest kelas kontrol sebesar 45,13 karena kedua sampel kelas diberikan sistem yang berbeda. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji T. thitung = 6.16 > ttabel = 2.04 dengan dk = 28 dan taraf signifikan = 0,05 merupakan hasil perhitungan. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Oleh karena itu, Pendekatan Matematika Realistik sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101788 Marindal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...