Perhatian orangtua terhadap motivasi belajar peserta didik menjadi salah satu peran yang sangat penting untuk memberikan pendidikan yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak atau peserta didik. Penelitian ini hendak mengeksplorasi dua hal penting yakni pemahaman orangtua tentang pentingnya perhatiannya kepada anak dan bagaimana perhatian orangtua untuk memotivasi belajar anak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan perhatian orangtua terhadap motivasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar Inpres Bokang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Inpres Bokang, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur - Provinsi NTT. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang yang terdiri dari orangtua, peserta didik, dan guru PAK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orangtua dengan motivasi belajar peserta didik SDI Bokang.
Copyrights © 2022