Proceeding Seminar Nasional IPA
2022

PENGARUH INTERACTIVE E-MODULE BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Kholidah, Anisia (Unknown)
Savitri, Erna Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan interactive e-module berbasis masalah sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non equivalent Control Group Design. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, dengan analisis data akhir menggunakan t-test related, analisis data angket dan Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran berbantuan interactive e- module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoftflipbook maker. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis t-test related yaitu nilai ????ℎi????????????g 6,56 > 2,01 ????????????????????. Besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker dianalisis menggunakan n-gain yang mendapatkan nilai sebesar 0,33 pada kelas kontrol yang termasuk pada kategori sedang, dan nilai n-gain 0,71 pada kelas eksperimen yang termasuk pada kategori tinggi. Hasil analisis data penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran menggunakan interactive e-module berbasis masalah yang dikembangkan dengan aplikasi kvisoft flipbook maker pada minat belajar peserta didik selama 4 pertemuan yaitu75,54% (baik), 78,80% (baik), 83,2% (sangat baik), dan 84,35% (sangat baik). Hasil rata-rata persentase tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran model PBL berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker yaitu 86,99% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran model PBL berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berpengaruh terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...