Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP NEGERI 22 SEMARANG

Fauzi, Iqlima Ramiza (Unknown)
Kusdiono (Unknown)
Widiyatmoko, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang. Masalah pada penelitian ini adalah tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII A yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kolaboratif dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus menggunakan prosedur penelitian dengan Model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat fase kegiatan, meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi siswa pada siklus 1 sebesar 45% dengan kriteria cukup kolaboratif menjadi 71,67% pada siklus 2 dengan kriteria kolaboratif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VII A pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...