Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

PENINGKATAN KEMAMPUAN RETENSI DAN MOTIVASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED CONTEXT-PBL PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS VII H SMP NEGERI 3 SEMARANG

Zulfikar, Amalia Rahma Laila (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Savitri, Erna Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran klasikal membuat tingkat kemampuan retensi dan motivasi siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang cenderung kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan retensi dan motivasi siswa melalui penerapan model Guided Context-Problem Based Learning (GC-PBL) pada materi ekologi di kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII H sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes retensi materi ekologi, lembar observasi, dan angket motivasi siswa. Hasil kemampuan retensi siswa pada pra tindakan memiliki rata-rata sebesar 63,59 (28%), siklus 1 sebesar 75,47 (65,6%), dan meningkat kembali pada siklus 2 dengan rata-rata 88,13 (91%). Analisis N-Gain terhadap kemampuan retensi siswa memperoleh kategori sedang pada siklus 1 maupun 2 dengan hasil secara berurutan sebesar 0,33 dan 0,57. Sementara untuk motivasi siswa pada pra tindakan memperoleh rata-rata sebesar 65 (kategori cukup), pada siklus 1 naik menjadi 81 (kategori baik), dan rata-ratanya mencapai 88 pada siklus 2 (kategori sangat baik). N-Gain siklus 1 dan 2 juga berkategori sedang, yaitu sebesar 0,44 dan 0,33. Hasil motivasi siswa melalui angket didukung dengan hasil observasi kegiatan siswa, dimana siklus 1 berkategori sedang dengan N-Gain 0,35 dan siklus 2 berkategori tinggi sebesar 0,73. Oleh karena itu, berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model Guided Context-Problem Based Learning (GC-PBL) pada materi ekologi di kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang dapat meningkatkan kemampuan retensi dan motivasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...