Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi matematis siswa terutama secara visual gambar dan simbolik dengan subjek transformasi dalam pembelajaran matematika. . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, tiga dari 32 siswa kelas subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas representasi matematis siswa dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan diambil dari 3 komponen representasi matematis untuk transformasi yang dapat digunakan adalah representasi visual, representasi simbolik melalui gambar, dan menggunakan kata-kata untuk memecahkan masalah. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dalam materi transformasi, subyek pertama (S1) pada kategori siswa berkemampuan tinggi memenuhi representasi matematis yang lengkap dan sangat baik. Subyek kedua (S2) lengkap dan memenuhi kemampuan representasi matematis dengan cukup baik. Subyek ketiga (S3) memiliki hasil yang tidak lengkap dan tidak memenuhi representasi matematis. Dari penelitian berikut dapat disimpulkan bahwa representasi matematis simbolik terutama melalui gambar masih rendah. Dengan demikian, untuk penelitian lebih lanjut, dapat menjadi masukan bagi guru untuk dapat lebih variatif dalam penyajian materi dan pendalaman materi yang mengasah ketrampilan siswa dalam menggambar persamaan garis lurus dan menggunakan alat peraga seperti penggaris, busur, dan jangkar.
Copyrights © 2023