Adanya permasalahan rendahnya hasil belajar dan ketertarikan peserta didik kelas VII pada mata pelajaran matematika di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi sebagai wujud pembuktian bahwa kualitas pembelajaran matematika disekolah tersebut tergolong rendah. Untuk membantu sekolah mengatasi permasalahan tersebut maka sumber belajar disekolah perlu berinovasi khususnya yang digunakan pada pelajaran matematika. Adapun bentuk lain dari adanya inovasi sumber belajar yang dapat direalisasikan adalah membuat modul pembelajaran secara bentuk digital. Tujuan adanya penelitian ini adalah mengembangkan dan menjadikan modul digital pada pembelajaran matematika materi aritmatika berbasis drill and practice sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan ketertarikan peserta didik dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menerapkan konsep metode Research and Development dengan model pengembangan 4D. Modul yang dihasilkan bersifat interaktif karena menggunakan multimedia yang dibuat berdasarkan kebutuhan gaya belajar audio dan visual. Selain itu, modul juga bersifat komunikatif karena menyediakan video pengantar dan gambar pendukung setiap materi serta latihan soal langsung disetiap contoh soal yang diberikan sebagai basis dari drill and practice. Modul digital yang dihasilkan mempunyai tingkat kevalidan yang sangat baik dari segi media, materi dan bahasa. Adapun skor yang didapatkan dari penilaian yang dilakukan oleh ahli media dan materi yaitu mendapatkan skor 3,64 serta oleh ahli bahasa yaitu mendapatkan skor 3,65. Modul yang dihasilkan termasuk ke dalam modul yang mudah digunakan dengan tingkat kepraktisan 80% serta terbukti dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi aritmatika sosial dengan N-gain Score 0,3635 dan tingkat kenaikan yang sedang.
Copyrights © 2023