Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Investigasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika

Salsabila Nur Faizzah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Sutarni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Masih banyak ditemukan siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah HOTS, padahal masalah tersebut banyak digunakan sebagai asesmen untuk mengukur kemampuan matematis siswa. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian dan diperoleh 3 siswa sebagai subjek penelitian. Data diperoleh menggunakan tes, wawancara, dan observasi, sehingga memerlukan instrumen tes berupa masalah HOTS dan instrumen non tes meliputi pedoman wawancara dan lembar observasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik induktif digunakan pada penelitian ini untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS ini disebabkan karena kesulitan dalam mematimatisasi dan memahami masalah, kesalahan dalam penerapan formula dalam memecahkan masalah HOTS. Faktor lain meliputi kurangnya latihan soal HOTS, kecemasan siswa dalam menyelesaikan masalah, sumber buku yang digunakan tidak efektif, dan seringnya guru memberikan masalah rutin daripada non rutin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...