Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Comprehending dengan Model Christou

Umma Abika Sharah Fi (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Mohammad Faizal Amir (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir kreatif siswa dalam pengajukan masalah comprehending dengan model Christou. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian yaitu siswa kelas V A SDN Sidokepung II sebanyak 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data meliputi tes pengajuan masalah comprehending model Christou dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator proses berpikir kreatif dalam pengajuan masalah terdiri dari tahapan persiapan, iluminasi, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses berpikir kreatif siswa bervariasi pada setiap tahapannya bergantung pada comprehending siswa dalam mengajukan masalah. Penelitian ini menyarankan bagi guru sekolah dasar untuk menstimulasi kemampuan pengajuan masalah comprehending agar dapat membangun berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...