MALLOMO: Journal of Community Service
Vol 3 No 2 (2023): Juni-Nopember

Kolaborasi Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah (KDS) untuk Menciptakan Pembelajaran Inovatif pada Mata Pelajaran Tematik

Aswadi, Aswadi (Unknown)
Ecca, Suleha (Unknown)
Darmi, Darmi (Unknown)
Malik, Abdul (Unknown)
Suardi, Sartika (Unknown)
Damis, Dedy Suryadi (Unknown)
Nurhalisa, Nurhalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Perubahan pola pikir masyarakat yang sangat cepat membuat kebutuhan mutu pendidikan juga meningkat. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan peningkatan kemampuan pedagogik tenaga pendidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatakan kemampuan tersebut adalah Lesson Study. Lesson Study mampu memfasilitasi aktifitas kolaboratif antara dosen LPTK dengan guru di sekolah untuk merancang pembelajaran inovatif. Tahapan inti pelaksanaan lesson study yakni tahap Plan, Do, dan See. Kegiatan lesson study di sekolah diikuti oleh satu dosen dan lima guru mitra. Hasil kegiatan ini adalah terciptanya desain pembelajaran inovatif pada mata pelajaran tematik. Rancangan pembelajaran tersebut merupakan rancangan pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Kegiatan ini juga meningkatkan kompetensi pedagogik dosen dan guru. Kegiatan ini akan terus berlanjut baik di sekolah maupun di kampus

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mallomo

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang: 1. pendidikan, 2. sosial politik, 3. pengembangan sumberdaya manusia,dan 4. sains dan ...