JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III A di SD Negeri 94 Palembang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Dina Ariani (Universitas Sriwijaya)
Indaryanti (Universitas Sriwijaya)
Dakim (SD Negeri 94 Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem base learning) pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan praja muda karana terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri 94 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model kemmis dan McTanggart melalui 4 tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas III dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) menujukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu 78,8. Persentase peserta didik yang mencapai KKM pada siklus 1 yaitu sebesar 67%. Lalu dilanjutkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik mencapai 89,6 dan presentasi peserta didik yang mencapai KKM adalah 96%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...