JMBD
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital

Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman

Primadhita, Yuridistya (Unknown)
Budiningsih, Susilowati (Unknown)
Wicaksana, Indrajit (Unknown)
Melani, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Abstrak: UMKM makanan dan minuman menjadi salah satu sektor ekonomi masyarakat yang perkembangannya cukup pesat dengan banyak variasi dan inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman. Responden penelitian ini meliputi 60 pelaku UMKM makanan dan minuman di Bogor dan Karawang. Hasil analisis regresi berganda memperlihatkan bahwa pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau berpengaruh signifikan dan memberi dampak positif terhadap kinerja UMKM baik secara parsial maupun secara simultan. Kualitas produk memberi pengaruh terbesar bagi kinerja UMKM makanan dan minuman.   Kata kunci: digital, inovasi, kualitas, pemasaran, UMKM   Abstract: Food and beverage SMEs are one of the economic sectors of society whose development is quite rapid with many variations and innovations. This research was conducted to determine the effect of digital marketing, product quality and green innovation on the performance of food and beverage SMEs. Respondents to this study included 60 food and beverage MSME actors in Bogor and Karawang. The results of multiple regression analysis show that digital marketing, product quality and green innovation have a significant and positive impact on MSME performance both partially and simultaneously. Product quality gives the greatest influence for food and beverage SMEs.   Key words: digital, innovation, marketing, quality, SMEs

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMBD

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JMBD (Jurnal Manajemen & Bisnis Digital) adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan. Jurnal ini memuat hasil penelitian seputar penerapan ilmu manajemen & bisnis digital dalam bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi/Produksi, Manajemen ...