Abstrak: UMKM makanan dan minuman menjadi salah satu sektor ekonomi masyarakat yang perkembangannya cukup pesat dengan banyak variasi dan inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman. Responden penelitian ini meliputi 60 pelaku UMKM makanan dan minuman di Bogor dan Karawang. Hasil analisis regresi berganda memperlihatkan bahwa pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau berpengaruh signifikan dan memberi dampak positif terhadap kinerja UMKM baik secara parsial maupun secara simultan. Kualitas produk memberi pengaruh terbesar bagi kinerja UMKM makanan dan minuman. Kata kunci: digital, inovasi, kualitas, pemasaran, UMKM Abstract: Food and beverage SMEs are one of the economic sectors of society whose development is quite rapid with many variations and innovations. This research was conducted to determine the effect of digital marketing, product quality and green innovation on the performance of food and beverage SMEs. Respondents to this study included 60 food and beverage MSME actors in Bogor and Karawang. The results of multiple regression analysis show that digital marketing, product quality and green innovation have a significant and positive impact on MSME performance both partially and simultaneously. Product quality gives the greatest influence for food and beverage SMEs. Key words: digital, innovation, marketing, quality, SMEs
Copyrights © 2023