Kurangnya siswa dalam menanggapi serta memahami penjelasan guru ketika pembelajaran berlangsung di karenakan guru tidak menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Penggunaan Strategi Formasi Regu Tembak Terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data observasi dan angket yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata persentase observasi pada kelas eksperimen 80% - 90% yang dikategorikan sangat baik dan pada kelas kontrol 60%-70 yang dikategorikan cukup, sedangkan hasil angket yang diperoleh kelas eksperimen terdapat sebanyak 42,04% peserta didik menyebutkan “sangat setuju” strategi pembelajaran formasi regu tembak membuat peserta didik aktif dan inovatif dalam pembelajaran, sebanyak 52,49%peserta didik menyebutkan “setuju” terhadap strategi formasi regu tembak, dan hanya 5,45% yang mengatakan “tidak setuju”. Hasil yang diperoleh pada kelas kontrol yang memilih “sangat setuju” hanya 11,56% peserta didik, dan yang memilih “setuju” sebesar 51,81% peserta didik, sedangkan yang memilih “tidak setuju” mencapai 37,95% peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran strategi formasi regu tembak terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Lack of students in responding to and understanding teacher explanations when learning takes place because the teacher does not apply a varied learning model. This study aims to determine the effect of the Use of Team Shoot Formation Strategies on the Active Learning History of Class XI IPS MAN 4 Aceh Besar Students. This research is using experimental method. Based on the analysis of observational data and questionnaires that have been done that the average value of the percentage of observations in the experimental class 80% - 90% are categorized very well and in the control class 60% -70 are categorized sufficiently, while the questionnaire results obtained by the experimental class are as many as 42.04% of students said they "strongly agree" learning strategies for firing squad formation made students active and innovative in learning, 52.49% of students said they "agreed" with the firing squad formation strategy, and only 5.45% said "disagree". The results obtained in the control class who chose "strongly agree" only 11.56% of students, and those who chose "agree" amounted to 51.81% of students, while those who chose "disagree" reached 37.95% of students. So it can be concluded that there is an influence of the use of the learning strategy of firing squad formation strategies on student learning activeness in learning history.
Copyrights © 2020